Wagubsu Bacakan Jawaban Atas Pandangan Fraksi Terkait RPJMD

33
Wagubsu Musa Rajekshah membacakan Jawaban Gubsu terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Ranperda tentang Perubahan atas Perda Pemprovsu Nomor 5 Tahun 2019 tentang RPJMD Sumut Tahun 2019 - 2023 di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (22/11). (Foto. Asarpua.com/diksu)

ASARPUA.com – Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah membacakan Jawaban Gubernur Sumut (Gubsu) terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Ranperda tentang Perubahan atas Perda Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) Nomor 5 Tahun 2019 tentang RPJMD Sumut Tahun 2019 – 2023 di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Nomor Medan, Senin (22/11).

Wagubsu mengucapkan terima kasih atas substansi materi pemandangan umum yang telah disampaikan oleh fraksi-fraksi. Hal ini membuktikan besarnya perhatian terhadap materi Ranperda Sumut untuk dilakukan penyempurnaan dalam pembahasan selanjutnya.

“Dengan berbagai masukan dari Anggota Dewan ini, kita berharap Ranperda ini dapat dirumuskan dengan baik dan menghasilkan pembangunan yang lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang maju aman dan bermartabat,” ujarnya.

Secara umum, Gubsu seperti yang dibacakan oleh Wagubsu sangat mengapresiasi dan sependapat terhadap pandangan para fraksi DPRD Provinsi Sumut khususnya dalam perbaikan isu strategis saat ini di antaranya terkait bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, agraris, pariwisata, reformasi birokrasi, sosial kemasyarakatan dan olahraga serta infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Beberapa poin yang disepakati seperti yang disampaikan Fraksi PDIP yang berpendapat agar ketika dilakukan perubahan RPJMD memiliki daya ungkit untuk pencapaian prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan, serta memiliki dampak signifikan untuk memenuhi kebutuhan dasar, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Atas pandangan ini, kami sependapat dan menjadi perhatian kami, dan kami berharap Fraksi PDIP terus mendukung kami dalam rangka pencapaian prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan di dalam perubahan RPJMD,” ujarnya.

Meningkatkan pelayanan rumah sakit, ketersediaan obat serta meningkatkan ketersediaan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin dan juga mendorong menurunkan prevalensi stunting bagi anak usia dini yang disampaikan Fraksi Gerindra juga menjadi prioritas Provsu.

Baca Juga  Kepala Desa Terpilih Tahun 2019 Ikuti Pembekalan

Selain itu, Fraksi Golkar menyampaikan bahwa Fraksi Partai Golkar memahami sepenuhnya pandemi memberikan dampak buruk di sebagian besar belahan dunia, termasuk Sumut yang memberikan dampak khususnya terhadap aspek kesehatan, sosial, ekonomi dan telah merambat ke aspek kehidupan lainnya.

Konsekuensinya, maka perlu dilakukan penyesuaian target indikator kinerja makro, tujuan dan sasaran indikator kinerja utama pemerintah daerah dan Indikator Kinerja Daerah (IKD) maka Fraksi Golkar memberikan dukungan atas perubahan RPJMD 2019-2023.

Musa Rajekshah juga membacakan jawaban atas pendapat fraksi PDIP, Gerindra dan Golkar lainnya, serta dari Fraksi PKS, Nasdem, Demokrat, PAN, Hanura dan Fraksi Nusantara. (Asarpua)