TP PKK Kota Medan Terus Bergerak Tekan Penularan Covid-19

127
Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief S Trinugroho beserta jajaran terus bergerak dalam upaya menekan penularan Covid-19 dengan sosisli adaptesi kebiasaan baru dan pembagian masker. (Foto. Asarpua.com)

ASARPUA.com – Medan – Setelah dua Kelurahan yakni Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat dan Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Pejabat Sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho beserta jajaran terus bergerak dalam upaya menekan penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan cara memberikan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Adaptasi Kebiasaan Baru. Kali ini, Senin (09/11/2020) giliran para kader PKK Kelurahan Sekecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Pjs Ketua TP PKK Kota Medan dalam pertemuan itu menekankan kepada semua kader PKK Kecamatan Medan Selayang, bahwa saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Maka untuk mencegah penularannya perlu menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasan baru dengan menerapkan 3M yaitu: mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Atas ketiga indikator tadi maka kita juga akan melakukan gebrak masker kepada seluruh kader PKK dengan cara membagikan masker, saya berharap pembagian masker ini menjadi motivasi kita semua dalam menggunakan masker bila keluar rumah,” harap Pjs Ketua TP PKK Kota Medan.

Disamping itu, Dian juga memberikan apresiasi kepada Camat Medan Selayang beserta jajarannya atas prestasi menekan angka penyebaran Covid 19 di wilayahnya, yang awalnya menjadi kecamatan nomor 1 menjadi nomor 6 dalam penyebaran Covid 19. “Semoga kedepannya, kecamatan Medan Selayang dapat terus menekan angka Covid 19 sehingga menjadi kecamatan zona hijau ke depannya. Ini juga terkait dengan penerapan PHBS bagi masyarakatnya, karenanya mari kita tingkatkan lagi memberikan penyuluhan serta pemahaman kepada masyarakat,” kata dia.

Sebelumnya Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis mengatakan kunjungan ini menjadi suatu kebanggan dan tentunya menambah semangat dalam berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Sutan Tolang Lubis juga mengapresiasi dengan adanya sosialisasi PHBS dan LBS ini apalagi di tengah pandemi Covid 19 yang tengah melanda kota Medan saat ini. “Kondisi Covid 19 mengajarkan kita untuk benar-benar menerapkan pola hidup bersih dan sehat, karena itu sosialisasi ini patut kita apresiasi,” kata Sutan.

Baca Juga  Bupati Karo: Pembangunan Jalan Antar Desa Tingkatkan Kesejahteraan Warga

Sutan Tolang Lubis juga menjelaskan bahwa dalam satu bulan terakhir, trend penularan covid-19 di Medan Selayang mengalami penurunan. Namun begitupun Sutan mengingatkan agar seluruh kader PKK tetap waspada dan jangan lalai dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Yang tertular di Medan Selayang tidak sepenuhnya masyarakat Medan Selayang, tetapi banyak dari tempat pengungsian IOM yang ditempatkan di Medan Selayang, meskipun begitu kita harus tetap waspada dan jangan pernah lalai dalam menerapkan protokol kesehatan sebab semuanya bisa terkena,” pungkasnya. (Asarpua)