Terima 10 Konsentrator Oksigen, Gubsu: Prokes dan Divaksin Senjata Kita Tangani Covid-19

58
Gubsu Edy Rahmayadi menerima secara simbolis bantuan 10 Konsetrator Oksigen dari perusahaan teknologi multinasional Indonesia GoTo Group di Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman Medan, Senin (13/09/2021). (Foto. Asarpua.com/diksu)

ASARPUA.com – Medan – Dengan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar acara terbatas terkait penyerahan 10 unit konsentrator oksigen dari GoTo Group. Secara simbolis bantuan tersebut diterima Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman 41, Medan, Senin (13/09/2021).

Gubsu Edy Rahmayadi mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh pihak swasta seperti dari perusahaan teknologi multinasional Indonesia GoTo Group. “Apresiasi kami sampaikan kepada pihak GoTo atas perhatiannya pada masyarakat Sumatera Utara (Sumut) melalui pemberian konsentrator oksigen ini, ini sangat bermanfaat bagi penanganan pandemi Covid-19 di Sumut yang kita cintai ini,” ujar Gubsu, usai menerim konsentrator oksigen tersebut.

Menurut Gubsu, semua pihak bisa membantu menangani pandemi Covid-19, termasuk pihak swasta. Mulai dari bidang kesehatan hingga sosial. Prokes 5M yakni Memakai masker yang benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas di luar rumah tetap harus dijalankan dengan ketat. Prokes tidak boleh kendor dan divaksin, ini yang menjadi senjata utama kita dalam memutus mata rantai Covid-19. Apabila pandemi tertangani dengan baik, maka kehidupan sosial hingga ekonomi akan kembali normal seperti semula.

“Peran serta swasta seperti ini akan memberikan sumbangsih yang signifikan bagi percepatan penanganan pandemi dan bisa mengembalikan perputaran roda perekonomian bagi Provsu,” kata Gubsu.

Pemprovsu akan segera mendistribusikan bantuan tersebut ke rumah sakit yang membutuhkan di Sumut. Meski memang pasokan oksigen di Sumut saat ini masih mencukupi atau aman. “Ini akan kita salurkan segera untuk rumah sakit yang membutuhkan,” ujar Edy Rahmayadi.

Head of Public Policy and Government Relations Gojek Sumatera Muhammad Ruslan menyampaikan GoTo, merupakan grup perusahaan teknologi yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial,  memiliki program donasi 1.000 konsentrator oksigen di Indonesia. Konsentrator oksigen disalurkan secara bertahap ke seluruh Indonesia.

Baca Juga  Gubsu akan Tambah Bantuan APD dan Percepat Bantuan PKH  

“Donasi ini merupakan bagian dari upaya kami sejak awal pandemi terhadap penanganan Covid-19,” kata Ruslan.

Menurut Ruslan, penanganan pandemi memerlukan sinergi seluruh pihak.  Oleh sebab itu, pihaknya bersama dengan pemerintah bersama-sama berupaya menangani pandemi. Konsentrator oksigen merupakan dukungan pihaknya dalam aspek perawatan. “Dan yang utama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kita semua harus membudayakan disipin Prokes 5M dengan Memakai masker yang benar, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas di luar rumah. Senjata utama kita adalah Prokes dan divaksin,” kata dia.

Hadiri juga Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahetraan Rakyat M Fitriyus. (Asarpua)

Penulis: Tania Depari