Sembuh Covid-19 Bertambah, Medan Tetap Zona Merah

73
Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Medan dr Mardohar Tambunan MKes, di Gedung PKK Kota Medan, Jalan Rotan Medan, Kamis (19/11/2020). (Foto. Asarpua.com)

ASARPUA.com – Medan – Angka pasien sembuh dari Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan cukup tinggi, namun sampai saat ini Kota Medan masih zona Merah Covid-19. Demikian Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Medan dr Mardohar Tambunan MKes, kepada wartawan di Gedung PKK Kota Medan, Jalan Rotan Medan, Kamis (19/11/2020)

dr Mardohar Tambunan MKes, mengatakan, hingga saat ini jumlah pasien yang sembuh dari covid-19 mencapai angka 5.899, dan tingkat kesembuhan ini dinilai cukup tinggi.

Namun begitu, Satgas Covid-19 Kota Medan memgakui jika saat ini Kota Medan masih berada di kawasan zona merah. Pemko Medan pun mengimbau, agar semua pihak tidak lengah dengan kondisi penularan yang belum menurun secara signifikan.

Selanjutnya dirinya mengutarakan, sebagai mana data update terkini di Gugus Tugas Covid -19 Pemko Medan, hingga saat ini ada sebanyak 295 suspek, terkonfirmasi positif 7.349, dinyatakan sembuh 5.899, yang meninggal 309 dan total jumlah yang dirawat sebanyak 1.141 orang, jelasnya.

“Situasi saat ini masih tetap implementasi dari Perwal 27/2020, yang harus dijalankan dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Kita berharap kepada masyarakat, stakeholder, organisasi maupun pelaku-pelaku lain dapat melaksanakan kedisiplinan dengan baik dan benar”, ujarnya.

Saat ini, sebutnya, Pemko Medan fokus untuk menggerakkan perekonomian Kota Medan. Mengingat pertumbuhan ekonomi sebelumnya nol, akan dicoba naik lagi secara perlahan-lahan. Dan ini semua butuh dukungan penuh dari masyarakat, katanya.

“Dengan disiplin yang kuat, kemauan yang kuat serta merasa bertanggung jawab bersama, semuanya dapat diatasi dan perekonomian Kota Medan mudah-mudahan akan kembali stabil seperti sedia kala”, tuturnya.

Menyinggung adanya isu vaksin Covid-19, yang beredar saat ini, Mardohar menegaskan untuk saat ini vaksin tersebut belum.

Baca Juga  Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Kukuhkan Wartawan Unit Polres

“Kami tegaskan, sampai sekarang vaksin covid-19 tersebut belum ada, kapan pelaksanaan totalnya, dengan vaksin apa, kapan dan siapa penerima vaksin tersebut”, pungkasnya.

Mardohar Tambunan juga tak henti-hentinya, terus menyampaikan himbauan kepada masyarakat Kota Medan, agar tetap mematuhi protokol kesehatan 3M dari pemerintah yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir serta menjaga jarak. (Asarpua)