Sejak Ditinggalkan Gedung Eks TBSU Kusam dan Tak Terawat

77

ASARPUA.com – Medan – Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Kebudaaan dan Pariwisata Sumut kini terbengkalai menyusul pindahnya Kantor UPT itu ke gedung yang ada di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Jalan Binjai Medan.

Sejak ditinggalkan UPT dari Dinas Pariwisata Sumut itu kondisinya semakai hari semakin kurang terawat di antaranya di gedung utama yang tadinya sebagai tempat pertunjukan musik, tari , drama dan lainnya kini kosong tampa ada kegiatan yang memtuhi protokol kesehatan. Sedangkan asbes di luar gedung di depan kantor banyak yang rusak.

Sedangkan gedung pameran lukis dan kadang digunakan untuk pertemuan yang tidak terlalu besar pesertanya kini terbengkalai dan sedikit kusam karena kurang terawat.

Kini bekas gedung TBSU tak jelas apa kah itu akan menjadi tempat kegiatan kesenian dari Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu), atau tempat kegiatan kesenian bagi Pemko Medan.

Sebab kepindahan TBSU ke Jalan Gatot Subroto Medan menyusul Pemko Medan mengambil asetnya yaitu tanah yang ada di Jalan Peritis Kemerdekaan berdekatan dengan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut adalah milik Pemko Medan. Sedangkan gedungnya dibangun oleh Pemprovsu.

Dulu bisa terjadi disebabkan pada Orde Baru Pemprovsu adalah pemerintahan di atas pemerintah kabupaten dan kota. “Sejak otonomi daerah pemerintah kota dan kabupaten itu yang memiliki otonomi. Sehingga mereka mendata asetnya kembali. Dan tanah di TBSU Jalan Perintis Kemerdekaan No 33 itu milik Pemko Medan,” kata Yunus Rangkuti Sekretaris Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara kepada Asarpua.com.

Menurut Yunus Rangkuti dan Hidayat Ardhana selaku Bendahara Lembaga Kebudayaan Sumatera Utara, penyerahan asset segeralah dilakukan oleh Pemprovsu dan Pemko Medan dan gedung itu akan dapat digunakan oleh kegiatan kesenian dan kebudayaan. Soalnya TBSU yang di PRSU itu tidak punya gedung-gedung untuk kegiatan kesenian dan kebudayan.

Baca Juga  Bupati Asahan Perkuat Penanganan Covid-19 Hingga Kecamatan

Hidayat Ardahana menambahkan, jika nantinya telah dibolehkan tatap muka usai Covid-19 kegiatan kesenian dan kebudayan akan dibuka kembali untuk menyahuti gunanya adanya Undang Undang Pemajuan Kebudayaan. Jika sarana untuk kegiatan kesenian dan kebudayaan fasilitasnya tidak ada. Apa yang akan dimajukan dari kebudayaan itu.

“Karenannya kedua pemerintahan yang bertingkat itu antara Pemprovsu dan Pemko Medan segeralah menyerahkan asset itu. Dengan demikian jelaslah UPT TBSU yang di Jalan Gatot Subroto sekarang ini untuk melakukan pembinaan kesenian dan kebudayaan karena UU Pemajuan kebudayaan itu,” katanya.

Sebelumnya beberapa waktu lalu Kepala TBSU mengatakan, kendati mereka pindah ke Jalan Gatot Subroto Medan masih ada tujuh pegawai yang tetap bekerja di eks TBSU Jalan Perintis Kemerdekaan. Mereka bertugas membersihkan dan menjaga gedung itu,” katanya. (Asarpua)

Penulis: Ardani