Rektor Unimed Wisuda 1381 Lulusan Secara Daring

48
Rektor Dr Syamsul Gultom, M.Kes serahkan izajah secara simbolis kepada lulusan. (Foto. Asarpua.com/serasi sembiring)

ASARPUA.com – Medan – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Syamsul Gultom, MKes wisuda 1.381 lulusan secara daring masih dalam era keterbatasan pandemi Covid-19.

“Mari kita semua civitas akademika Unimed dan seluruh wisudawan, berkenan membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19 di masyarakat,” kata Rektor Syamsul Gultom dihadapan para wisudawan yang dilantik di ruang Sidang A Biro Rektor Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Rabu (24/11/2021).

Rektor mengatakan, semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Karenanya, para wisudawan dituntut untuk memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging dan kemahiran dibidang IT.

Lebih lanjut Syamsul mengatakan, masyarakat menaruh harapan besar kepada Unimed untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan.

“Kami yakin saudara mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang. Unimed saat ini juga sudah menetapkan berbagai terobosan baru untuk pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum yang bermutu dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja,” jelas Rektor.

Unimed sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Melalui program MBKM, 55 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Untuk semester ini ada 303 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia dan Eropa.

Baca Juga  Langkah-Langkah Pelaksanaan Pemilu yang Tertunda di Lima Kecamatan Nisel

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 802 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

“Kami ingin menyampaikan bahwa prestasi dan peran aktif mahasiswa Unimed dalam mensukseskan program pemerintah ini, sebagai bukti bahwa selama pandemi Covid-19 ini, tidak menghalangi kita semua mahasiswa terus berbuat dan mengejar prestasi, serta mengabdi untuk negeri tercinta Indonesia,” tambah rektor.

Rektor menambahkan, mahasiswa Unimed juga berhasil meraih 5 Medali di PON XX di Papua sebagai kontingen Sumatera Utara, dan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. Kedepan rektor berharap lulusan Unimed akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja. (asarpua)

Penulis: Serasi Sembiring