Pengusaha Pemandian Air Panas Doulu Datangi DPRD Keluhkan Pungli

74
Pengusaha pemandian air panas Semangat Gunung diterima anggota DPRD Karo di ruang dengar pendapat. (Foto. Asarpua.com/johni sembiring.

ASARPUA.com – Kabanjahe – Puluhan pelaku pariwista kolam air panas yang ada di Desa Semangat Gunung, Doulu, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo mendatangi Gedung DPRD Karo, Jalan Jamin Ginting Kabanjahe, Senin (22/11/2021). Mereka menyampaikan keluhan terkait maraknya pengutipan liar (Pungli) di area usaha mereka.<

Pungli yang dilakukan oleh oknum merugikan usaha mereka karena sudah meresahkan para pengunjung di pemandian air panas Semangat Gunung.

Untuk itu para pengusaha pemandian air panas tersebut sangat berharap agar DPRD Karo dapat menyampaikan keluhan ini kepada Pemkab Karo untuk menindak pelaku Pungli atau menetapkan aturan terkait kutipan ini yang mana yang harus diikuti. Pengelola meminta agar aktivitas Pungli yang ada dihentikan. Permintaan ini, disampaikan langsung kepada anggota DPRD Karo, yang diterima oleh Ketua DPRD Karo Iriani br Tarigan, berserta anggota DPRD Karo dari Komisi C serta instansi terkait.

Pertemuan  dilakukan di Ruang Dengar Pendapat Gedung DPRD Karo. Perwakilan para pengusaha mengaku dengan adanya pengutipan yang ditengarai menjadi penyebab menurunnya pengunjung.

Keresahan yang mereka alami karena Pungli yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu pengusaha Trio Endo Surbakti, mengatakan semua pengelola objek wisata di kawasan Semangat Gunung resah dengan adanya oknum yang melakukan pengutipan di kawasan pintu masuk objek wisata ini.

“Kami sangat mengharapkan agar pengutipan liar itu sesegera mungkin dihentikan. Juga kami sangat mengharapkan agar oknum-oknum yang melakukan Pungli itu diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” harapnya.

Aktivitas Pungli membuat pengusaha semakin resah. Tak jarang lokasi Pungli dilakukan di tiga titik, yang tersebar mulai dari di depan Desa Doulu, perbatasan antara Desa Doulu dan Desa Semangat Gunung, sampai sebelum Desa Semangat Gunung.

Baca Juga  Bupati Asahan Gowes Bareng Komunitas Sepeda

Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan mengatakan mereka sudah menampung semua aspirasi dari masyarakat. Karena memang dengan adanya Pungli ini, sudah sangat meresahkan bagi pengunjung dan membuat pariwisata Kabupaten Karo menjadi tercoreng.

“Ya sudah kita tampung,” singkat Iriani.

Dikatakan Iriani lagi DPRD Karo kembali mengundang perwakilan dari pengusaha ini untuk kembali datang ke Gedung DPRD Karo.

“Besok kita akan mengadakan RDP (rapat dengar pendapat) dengan pengusaha air panas. Kemudian diundang juga pihak Pemkab Karo, serta penegak hukum untuk membahas mengenai tindak lanjutnya,” kata dia.

“Besok kita akan lakukan RDP bersama dengan Pemkab, besok jam 10.00 WIB kita rencanakan akan dibahas lagi,” demikian Iriani Tarigan. (Asarpua)

Reporter: Johni Sembiring