Pemprovsu dan Pemko Medan Perkuat Sinergi Bangun Ibukota

23
Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar bersama sejumlah pimpinan OPD Pemprovsu menyambut kedatangan anggota DPRD Sumut Dapil I dan II yang melaksanakan Kunker di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro 30 Medan, Senin (07/06/2021). (Foto. Asarpua.com/diksu)

ASARPUA.com – Medan – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan memperkuat sinergi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam membangun ibu kota provinsi. Kota Medan dianggap sebagai wajah dari Sumut sehingga perlu perhatian lebih agar pembangunan berjalan baik dan lebih cepat.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Daerah Pemilihan (Dapil) II Medan Tuahman Purba usai Kunjungan Kerja (Kunker) Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumut di Kantor Walikota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan. Pada pertemuan, Tuahman juga mengatakan tanpa sinergitas kuat, pembangunan Kota Medan akan sulit terlaksana.

“Kita mendorong dan mendukung pembangunan Kota Medan karena merupakan wajah dari Provsu. Kita butuhkan adalah sinergi yang kuat, program-program Pemprov Sumut tentu harus selaras dengan Pemko sehingga proses pembangunan berjalan cepat dan baik,” kata Tuahman, bersama anggota Dapil II lainnya Benny Harianto Sihotang dan Maryl R Saragih, Senin (07/06/2021).

Kunjungan kerja anggota DPRD Sumut ini sendiri akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 7-12 Juni 2021 ke-12 Dapil. Selama lima hari tersebut anggota DPRD Sumut akan melihat langsung pembangunan yang telah di lakukan Pemprov untuk Sumut di tahun 2020.

Walikota Medan Bobby Afif Nasution yang hadir bersama Wakil Walikota Aulia Rachman menyampaikan apresiasi dan menyambut baik Kunker DPRD Sumut dari Dapil II tersebut. Terkait pembangunan di Kota Medan, Bobby mengharapkan dukungan dari Pemerintah Pusat dan Pemprovsu, terutama tentang pembangunan infrastruktur, penanganan banjir, kemacetan arus lalu lintas dan masalah sampah.

“Penanganan banjir, kemacetan arus lalu lintas dan persoalan sampah adalah bagian dari prioritas kami, karena itu, kami sangat mengharapkan dukungan, terutama dari Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Dapil II Benny Harianto Sihotang berharap adanya peningkatan fasilitas kesehatan di Sumut, terutama Medan. Menurutnya, fasilitas kesehatan milik pemerintah harus menjadi jalan keluar bagi masyarakat terutama yang kurang mampu.

Baca Juga  Tekan Penyebaran Covid-19, Sumut Terapkan PPKM Mikro

Pada Kunker tersebut juga turut serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut Irman Ormar dan Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ria Novida Telaumbanua, dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov lainnya.

Kepala Diskominfo Sumut Irman Oemar menyampaikan, ada lima bidang yang menjadi fokus pembangunan Pemprovsu saat ini untuk mencapai Sumut yang bermartabat yaitu peningkatan SDM, perluasan akses pendidikan, koneksivitas antar wilayah, peningkatan dan jangkauan layanan kesehatan dan peningkatan nilai tambah sektor agraris dan pariwisata.

Menurut Irman cita-cita ini bisa terwujud bila pembangunan dilakukan secara komprehensif dan didukung oleh masyarakat. “Tahun lalu di Medan kita telah menyelesaikan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) dengan kapasitas 240 liter/menit. Di bidang pendidikan kita akan membangun SMK di Sicanang, Belawan. Tetapi tentu kita butuh pembangunan yang menyeluruh untuk Sumut bermartabat. Karena itu kita akan terus tingkatkan pembangunan kita,” kata Irman, pada Kunker anggota dewan yang dilanjutkan di Kantor Gubsu Jalan Diponegoro 30 Medan.  (Asarpua)