Pemkab Labuhanbatu bersama Bank Sumut Gelar Bimtek

214
Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, membuka Sosialisasi dan Bimbingan teknis (Bimtek) implementasi keuangan di Pemerintahan daerah Kabupaten Labuhanbatu, Senin (21/12/2020) di Ruang data dan karya Bupati Labuhanbatu. (Foto. Asarpua.com/martin tarigan)
ASARPUA.com – Labuhanbatu – Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, membuka Sosialisasi dan Bimbingan teknis (Bimtek) implementasi keuangan di Pemerintahan daerah Kabupaten Labuhanbatu, Senin (21/12/2020) di Ruang data dan karya Bupati Labuhanbatu.

Sosialisasi dan Bimtek tersebut, kerjasama antara Pemerintah kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu dengan Bank Sumut Rantauprapat, diikuti oleh lapisan jajaran pemkab Labuhanbatu, para kepala OPD, Kaban, Kabag, Camat dan para IT lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

Bupati Labuhanbatu menyebutkan, bahwa sosialisasi dan bimtek ini sejalan dengan efektifnya peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Tentu dalam implementasi ketentuan dimaksud wajib berbasis aplikasi dalam pengelolaan keuangan daerah baik terhadap proses perencanaan, penatausahaan dan pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan termasuk pembayaran kas non tunai atas pelaksanaan APBD,” ucapnya.

Dikatakannya, Cash Management System (CMS) merupakan salah satu instrumen dalam pengelolaan keuangan daerah yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Karena itu, lanjut Andi, pemkab Labuhanbatu bekerjasama dengan PT Bank Sumut selaku Bank Pemerintah daerah (pemda) sebagai penempatan rekening kas Umum Pemda yang merupakan salah satu jenis layanan pengelolaan keuangan daerah yang mempermudah dalam pengelolaan keuangan secara langsung melalui fasilitas online dan dapat menimalisasi penyimpangan dalam pelaksanaan APBD baik terhadap pendapatan maupun belanja daerah pada masing-masing organisasi perangkat daerah selaku pengguna anggaran.

Andi Suhaimi juga berpesan, kepada seluruh kepala OPD dan pejabat penatausahaan keuangan dalam lingkungan Pemkab Labuhanbatu serta seluruh peserta sosialisasi dan bimtek agar dapat mengikuti acara ini penuh keseriusan sehingga pengelolaan keuangan daerah dapat memenuhi asas dan prinsip pelaksanaannya.

Disisi lain, Pimpinan divisi dan jasa PT Bank Sumut Budi Ansari Nasution menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung dan menyukseskan program non tunai, yang telah diimplementasikan dan bekerja sama dengan pemda melalui CMS.

Baca Juga  Cegah Covid, Koramil Telukdalam Semprotkan Disinfektan

Pada acara sosialisasi tersebut, Bupati Labuhanbatu menerima plakat dan CSR Bank Sumut tahun 2020 kepada pemkab Labuhanbatu lanjutan pembangunan taman cerdas Rantauprapat sebesar Rp 535.357.824 secara simbolis, dilanjutkan dengan penyerahan plakat penghargaan oleh Bupati kepada PT Bank Sumut yang diterima oleh Pimpinan divisi dan jasa PT Bank Sumut Budi Ansari Nasution. (Asarpua)

Reporter: Martin Tarigan