PDAM Tirta Malem Kabanjahe, Tak Becus Penuhi Air Bersih Warga

331

ASARPUA.com – Kabanjahe – Warga masyarakat Kelurahan Kampung Dalam, Kabanjahe khususnya di Gang Kalihara sangat kecewa atas tindakan dari Petugas PDAM Tirta Malem Kabanjahe, di mana sudah lebih kurang dua bulan air yang dikelola oleh Perusahaan Air Bersih milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo ini tidak mengalir alias mati tidak hidup. Hal ini mengakibatkan warga masyarakat sangat kecewa atas ulah para petugas perusahaan PDAM Tirta Malem.

Ketika di konfirmsi kepada pihak PDAM Tirta Malem Selasa (20/07/2021) Jonara Tarigan  mengatakan air hanya berjalan / mengalir sangat kecil dan beliau mengatakan besok akan di cek sama petugas. Namun sampai berita ini dinaikan pihak petugas itu belum juga nongol batang hidungnya ujar salah seorang warga N Br Karo saat ditanya.

Ditambahkan N Br Karo apabila pihak pengelola tidak sanggup mengelolanya, alangkah baiknya diserahkan saja kepada yg mampu mengelola PDAM Tirta Malem tersebut kepada pihak yang lain yang mampu mengelolanya. Bahkan bila perlu PDAM Tirta Malem ini diswastwnisasikan saja. Pastinya ada yang mampu mengelola air bersih PDAM Tirta Malem secara profesional.

Namun warga yang lain bermerga Tarigan juga memberi keterangan bahwa bukan sekarang saja air bersih di Tanah Karo khususnya Kota Kabanjahe air bersih sulit didapat, artinya tak jelas kapan mengalir. Bupati Karo mestinya ambil tindakan cepat untuk mengatasi kelangkaan air bersih di Kabanjahe dari tahun ketahun.

“Di Kabupaten Karo sudah sejak dulu juga pernasalahan air bersih tidak pernah ada selesainya. Bahkan sudah berapa Bupati yg memimpin Karo, satu orang pun belum ada yg mampu menyelesaikan permasalahan air bersih di Karo. Dan semoga kami warga masyarakat Karo yang sangat butuh air bersih tidak hanya membayar angin doang. Karena tiap bulan iuran PDAM Tirta Malem tagihannya dibayar,” papar Tarigan.

Warga memohon kepada Pemkab Karo, agar menindak tegas para petugas yang ditunjuk mengelola PDAM Tirta Malem agar supaya memperhatikan kepentingan warga masyakat dan kita semua, di mana air bersih sangat dibutuhkan. Apalagi masa dalam kondisi Covid-19 serta mengikuti Prokes yang dianjurkan oleh pemerintah seringmencuci tangan. Namun apabila para petugas pengelola PDAM Tirta Malem yang di percayakan selama ini tdk mampu, alangkah baiknya dicopot saja dan diserahkan kepada yang mampu mengelolanya (Asarpua)
Penulis: Gelora Tarigan
Baca Juga  Danlanud Soewondo Hadiri Peringatan 1 Muharram 1441 H