Maldives Wisata Hening (Queitness Tourism)

96
Pics. Pesawat amfibi yang merupakan moda transportasi antara resort wisata bahari di pulau-pulau atol Maldives itu, untuk jarak dekat digunakan speed boats. (Foto. Asarpua.com/net)

Oleh: Jonathan Tarigan (Pengamat Pariwisata)

Belasan bahkan 24 jam penerbangan non stop ditempuh wisatawan mancanegara dari Eropa dan Amerika ke destinasi wisata bahari di pulau-pulau atol Maldives/Maladewa.

Wisata bahari yang menawarkan keheningan ini melejit dan diburu oleh wisatawan berkantong tebal. Bahkan di pandemi ini,
setelah “lockdown” sebentar destinasi yang terletak di Samudera India dekat dengan Srilangka ini telah dibuka.

Segera saja sebuah penerbangan yg sarat wisatawan sejumlah 500 org mendarat di Male, bandara Republik Maldives, negeri berpenduduk 300 000 an jiwa itu.

Investasi luar negeri Maldives memang dominan di bidang pariwisata negeri itu.

Investasi kepariwisataan di negeri pulau-pulau atol itu memang bermotif ekonomi semata dan tidak memilki agenda tersembunyi untuk menguasai teritori dan menjajah anak negeri Maldives itu.

Kepulauan atol Maldives di Samudera India itu adalah pulau-pulau yang terangkat diatas permukaan laut yg memiliki kesamaan dengan proses tektonik yang sedang berlangsung di gugus kepulauan Simeulue-Nias-Mentawai.

Investor dengan perencanaan yang komprehensif mengembangkan pulau-pulau atol itu sebagai resort wisata bahari yang menawarkan ‘things to do’: snorkling, diving, menapaki pasir dan sekedar mendengarkan semilirnya suara angin laut di keheningan itu.

Kondisi alam Kepulauan Nias, utamanya Pulau pulau Batu Kabupaten Nias Selatan memiliki potensi yang sama bagi pengembangan wisata bahari (marine tourism) seperti wisata bahari di Maldives itu.
Tentu saja berbagai prakondisi harus kondusif untuk investasi yang aman dan menguntungkan para pihak.

Perjalanan panjang memang untuk perwujudannya. Namun bagaimana pun juga adalah fakta tak terbantahkan wisata bahari dan pantai berada di ranking pertama sebagai destinasi yang ‘making money’. (Asarpua)

Baca Juga  Berkas Dugaan Korupsi Mantan Kadisos Pakpak Bharat Dilimpahkan ke Kejari