Lawan Covid-19, Masyarakat Diminta Patuhi Prokes 

50
Camat Medan Petisah Agha Novrian dalam acara lawan Covid-19, Sosialisasi Perwal No.27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Jumat (20/11/2020). (Foto. Asarpua.com/hpm)

ASRPUA.com – Medan – Sejak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) melanda Kota Medan bulan Maret lalu, Kecamatan Medan Petisah terus melakukan langkah-langkah preventif guna menekan laju penyebarannya. Lawan Covid, masyarakat diminta taat dan patuhi protokol kesehatan (Prokes). Dengan harapan, angka kasus penularan Covid-19 dapat dikendalikan sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, China tersebut.

Hal tersebut disampaikan Camat Medan Petisah Agha Novrian dalam acara Sosialisasi Perwal No.27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan, Jumat (20/11/2020).

Selanjutnya, di hadapan para stakeholder kecamatan, Agha mengatakan upaya lawan Covid-19 yang terus gencar dilakukan adalah sosialisasi penerapan Prokes terutama bagi pelaku usaha kuliner. Apalagi, Pemko Medan juga telah menerbitkan Perwal No.27/2020 sebagai pedoman bagi masyarakat dalam melakukan aktifitas.

“Sosialisasi perwal terkait protokol kesehatan kepada pelaku usaha kuliner menjadi salah satu fokus yang gencar dilakukan. Sebab, kita mengetahui bahwa lokasi usaha kuliner menjadi tempat yang ramai dikunjungi dan rentan dengan kemungkinan terjadinya penularan Covid-19,” kata Agha.

Dia mengingatkan agar tetap patuhi Prokes 3M dalam berolahraga agar terhindar dari penyebaran Covid 19. “Tetap jaga Prokes 3M, yaitu memasker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), kita harus ikut menjadi penggerak dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19,” pesannya.

Didampingi Sekcam Petisah Budi Ansyari, Agha juga mengungkapkan bahwa Kecamatan Medan Petisah juga memiliki posko penanganan Covid-19 yang selalu aktif sebagai wadah bagi masyarakat untuk melaporkan berbagai hal terkait Covid-19.

“Posko Covid-19 kecamatan selalu aktif agar masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan dan mengadukan berbagai kejadian tentang Covid-19 sehingga tim satgas dapat segera melakukan penanganan secara efektif,” ungkapnya.

Baca Juga  Jalan Nasional Lagundri - Sorake yang Amblas Akhirnya Diperbaiki

Oleh karenanya, Agha pun mengajak masyarakat khususnya warga Medan Petisah agar terlibat aktif ikut serta dalam penanganan Covid-19 salah satunya dengan selalu menerapkan Prokes. “Pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Namun, upaya tersebut dapat berhasil jika didukung penuh oleh masyarakat. Mari saling menjaga dengan menerapkan Prokes,” pesannya. (Asarpua)