Ketua SMSI Sumut: Media Cetak dan Siber Bisa Bersinergi

67
Pemred Mimbar Umum Jalaluddin memotong nasi tumpeng pada Silaturrahmi 75 Tahun Mimbar Umum. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan – Surat kabar Mimbar Umum yang tertua di Indonesia di luar Pulau Jawa harus bisa membuktikan diri bahwa media cetak dan siber sesungguhnya bisa saling bersinerji jika dikelola sesuai porsi dan pangsa masing-masing.

Hal itu dikemukakan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut Ir Zulfikar Tanjung pada Silaturrahmi HUT ke-75 Mimbar Umum di Pantai Romantis Serdangbedagai, Sabtu (26/12/2020) dihadiri keluarga besar, relasi maupun pembaca setia koran yang berdiri 6 November 1945 itu.

Dihadapan Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan Mimbar Umum Jalaluddin dan Ngatirin serta Ketua Panitia Jamaluddin, Zul yang juga Redaktur Senior Mimbar Umum optimis Mimbar Umum dapat menjadi ikon dunia bagi sinerjitas media cetak dan siber.

“Saya yakin dinamika siber yang dianggap sebagian kalangan akan ‘melemahkan’ koran, tidak sepenuhnya benar, melainkan akan bersinerji dan saling menguatkan apabila bergerak pada porsi masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya pemilik dan pekerja koran hendaklah mau mengadaptasikan diri dengan pola dinamika digital dalam ubah laku printing baru. Orang akan tetap mencari koran apabila mampu menyajikan angle-angle yang tidak didapat di media online. Koran harus dibuat seperti itu dan harus tetap memiliki ‘trust’ atau tingkat kepercayaan yang tinggi.

“Jadi Mimbar Umum Insya Allah menuju satu abad dan membuktikan pada dunia koran tidak akan punah dilanda siber. Apalagi manajemen Mimbar Umum memang mau berevolusi dengan cara beradaptasi. Koran sekarang harus menjadi news brand yang disinergikan dengan online dan media-media di bawah brand  koran itu,” tuturnya.

Oleh sebab itu lanjutnya Mimbar Umum harus tetap bersemangat menghidupkan korannya sehingga momentun 75 tahun ini bernilai strategis bagi mempertahankan eksistensi surat kabar, tentu dengan perubahan perilaku baru sesuai tuntutan era komunikasi millenial.

Baca Juga  Pemprovsu dan PTPN IVJalin Kerja Sama Data Kependudukan

Pemimpin Redaksi Mimbar Umum Jalaluddin juga menyatakan optimis koran yang saat ini dimiliki oleh pewarisnya M Hasbi Al Fauz selaku Pemimpin Umum akan terus dipacu menuju koran satu abad, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Pemimpin Perusahaan Ngatirin juga menyatakan sinerjitas cetak dan siber merupakan salah satu misi utama perusahaan ini. Salah satu komitmen untuk itu Koran Mimbar Umum yang berstatus Terverifikasi Dewan Pers juga mengelola media siber mimbarumum.co.id yang juga sudah berstatus Terverifikasi Dewan Pers.

Mewakili keluarga pendiri Mimbar Umum H Muhammad Faisal Lubis menyatakan bangga Mimbar Umum sudah berusia 75 tahun dan berharap dapat diteruskan hingga satu abad bahkan lebih. (Asarpua)