Kebun Plasa Muara Opu Dibangun untuk Sejahterakan Masyarakat

43
Pembangunan kebun plasma Muara Opu Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan oleh PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) yang belum terbangun sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pembangunannya akan segera dilaksanakan, Kata Jonni Silitonga, SH.,MH. Konsultan Hukum PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), Selasa (22/11/2023) di kantor Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok, Sumut. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan –
Investasi perusahaaan perkebunan kelapa sawit yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Tapanuli Selatan tidak hanya untuk dinikmati para pelaku usaha, akan tetapi, keberadaan perusahaan perkebunan juga harus dinikmati masyarakat disekitarnya. Hal ini akan diwujudkan melalui program kebun plasma yang merupakan kemitraan perusahaan perkebunan dengan masyarakat melalui koperasi.

Demikian pula halnya dengan rencana pembangunan kebun plasma Muara Opu Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan oleh PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) yang belum terbangun sejak tahun 2012 hingga sekarang. Pembangunannya akan segera dilaksanakan, Kata Jonni Silitonga, SH.,MH. Konsultan Hukum PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), Selasa (22/11/2023) di kantor Bupati Tapanuli Selatan, Sipirok, Sumatera Utara.

Jonni mengungkapkan alasan belum terbangunnya kebun plasma Muara Opu dari Tahun 2012 di Kabupaten Tapanuli Selatan hingga sekarang dikarenakan pencanangan lahan untuk lahan perkebunan plasma masyarakat Koperasi Sawit Sejahtera (KSS) yang semula dimuara Opu berpindah lahan di Desa Batu Horing.

Masalah lahan yang peruntukkan sebagai kebun plasma, kata Jonni, hari ini sudah dibicarakan dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan, dan menindaklanjuti surat Bupati Tapanuli Selatan No. 525.26/4169/2017, tanggal 4 Juli 2017 ,perihal pencanangan lahan perkebunan plasma di Desa Batu Horing yang akan segera diproses.

Pemkab Tapanuli Selatan bersedia dan berkenan mengkoordinasikan serta “menstrukturisasi” koperasi Sawit Sejahtera yang memiliki legal standing mengikatkan diri dalam perjanjian dengan PTPN III untuk proses perkebunan plasma, kata Jonni Silitonga.

Pemkab Tapanuli Selatan melalui Asisten I, Zen Harahap menyambut baik kehadiran Konsultan Hukum PTPN III dan rombongan, Selasa (22/11/2022).

Pihaknya akan menjadwal ulang pertemuan dengan pihak PTPN III (Persero) untuk melaksanakan pembangunan Perkebunan Plasma tahun 2023, ucap Zen.

Baca Juga  Syukuran Hari Bhayangkara ke-74, Kapoldasu: Berikan yang Terbaik¬†

Dikesempatan itu, Manager PTPN III Kebun Batang Toru, Asfian Nasution mengatakan PTPN III tetap memiliki iktikad baik dan berkomitmen membangun perkebunan Plasma di Batang Toru.

“Kami ingin keberadaan perusahaan perkebunan juga bisa dinikmati dan bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya, kata Asfian. (Asarpua)