Hore, Lapangan Merdeka Medan Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

153
Puluhan papan bunga dipasang di PN Medan dukungan untuk Lapangan Merdeka Medan ditetapkan jadi Cagar Budaya. (Foto. Asarpua.com)

ASARPUA.com – Medan – Hore akhirnya, Lapangan Meerdeka Medan merdeka juga, ditetapkan jadi Cagar Budaya, semoga tidak ada insiden setelahnya. Penetapan itu dari Pengadilan Negeri (PN) Medan yang memenangkan permohonan gugatan warga negara (citizen lawsuit) atas kemerdekaan Lapangan Merdeka Medan, terhadap Walikota Medan.

Hal itu diketahui wartawan melalui sistem e-Court yang disiarkan PN Medan dalam sidang pembacaan putusan atas gugatan dengan Pokok Perdata Nomor 756/Pdt.G/2020/PN Medan tersebut, Rabu (14/7/2021).

“Mengabulkan gugatan Para Penggugat untuk sebahagian; Menyatakan Tindakan Tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum (onrechtmatige overheidsdaad); Memerintahkan Tergugat untuk menerbitkan Penetapan Tanah Lapang Merdeka Medan sebagai Cagar Budaya melalui: Peraturan Walikota Medan yang menetapkan secara tegas Tanah Lapang Merdeka Medan, sebagai Cagar Budaya (CB),” tulis isi putusan tersebut.

Selanjutnya, PN Medan menolak gugatan Para Penggugat untuk yang selain dan yang selebihnya, dan menghukum Tergugat untuk membayar ongkos perkara yang diperhitungkan sebesar Rp1.610.000.

“Berdasarkan putusan tersebut, maka Wali Kota Medan selaku Tergugat terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan perbuatan melawan hukum akibat tidak menetapkan Tanah Lapang Merdeka Medan sebagai cagar budaya,” kata Direktur Lembaga Hukum Humaniora, Redyanto Sidi melalui pernyataan tertulisnya kepada wartawan.

Sebagai pemimpin di Kota Medan, lanjut Redyanto, Wali Kota sudah seharusnya menjadi contoh bagi warganya untuk mentaati hukum dengan menjalankan isi putusan ini yakni menetapkan secara tegas Tanah Lapang Merdeka Medan sebagai Cagar Budaya. (Asarpua)

Baca Juga  Edy Rahmayadi Lantik Afifi Lubis Jadi Pj Sekdaprovsu