Gubsu Silaturahmi Bersama Insan Pers, Puluhan Wartawan Divaksin Covid-19

104
Gubsu Edy Rahmayadi silaturahmi bersama dengan rekan-rekan media di Aula Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman 41 Medan, Selasa (02/03/2021). Kegiatan diawali dengan olahraga jalan pagi bersama. (Foto Dinas Kominfot Provinsi Sumut : Veri Ardian)

ASARPUA.com – Medan – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi kembali menggelar silaturahmi dengan insan pers di Aula Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (02/03/2021) pagi.

Diawali jalan sehat bersama, dilanjutkan dengan ramah tamah dan dialog, serta diakhiri vaksinasi Covid-19 untuk para wartawan. Silaturahmi ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi media dengan pemerintah. Karena, pers merupakan salah satu mitra strategis Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dalam membangun daerah.

“Selama ini semuanya kita sampaikan kepada masyarakat bagaimana program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. Untuk itu perlu peran media agar ini semua tersampaikan dengan baik, masyarakat menerima informasi yang benar. Jangan terjebak dalam berita bohong (hoks),” ujar Gubsu di hadapan puluhan wartawan.

Pada kesempatan itu, sejumlah wartawan menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi oleh pemerintah terkait program pembangunan yang akan dijalankan maupun yang telah berjalan. Sehingga publik mengetahui serta memberikan kepercayaan kepada penyelenggara Negara, dalam hal ini Pemprov Sumut.

Seperti diutarakan beberapa wartawan, di antaranya Beni Pasaribu, bahwa keterbukaan Gubsu dalam memberikan informasi pembangunan dan kebijakan pemerintah kepada awak media menjadi poin penting yang selama ini mereka dapatkan dari Gubsu, Wagubsu dan Sekdaprovsu. Namun secara detail, dipandang perlu untuk mengetahui bagaimana berjalannya program pembangunan yang berkaitan langsung dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Menjawab itu, Gubsu pun menyampaikan komitmen sekaligus arahan kepada sejumlah pimpinan OPD yang hadir untuk bisa memberikan akses informasi kepada media. Mengingat apa yang telah dijalankan selama periode kepemimpinan Gubsu Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah, perlu mendapat tempat di masyarakat melalui peran media massa sebagai satu dari sekian banyak corong informasi publik.

Baca Juga  Dewan Pertanyakan Realisasi Visi Misi Walikota Medan

“Kita sampaikan (lagi) kepada para pimpinan OPD agar bisa terbuka kepada wartawan. Kalau ke saya, kan itu tidak susah. Anda-anda ini kan selalu wawancara saya,” tegas Gubsu.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Irman Oemar menyampaikan bahwa OPD yang dipimpinnya saat ini merupakan penyambung informasi antara media massa kepada instansi terkait. Sehingga kepada Gubsu, wartawan dan pimpinan OPD, dirinya mengatakan kesiapan dinas ini untuk memfasilitasi penyampaian informasi pembangunan dari lintas dinas.

“Bagi OPD yang ingin menyampaikan program pembangunan kepada media massa, kita dari Kominfo siap memfasilitasinya. Sehingga apa (informasi) yang diperlukan oleh wartawan, dapat disampaikan langsung kepada OPD yang bersangkutan,” sebut Irman, selaku moderator dalam dialog tersebut.

Usai tanya jawab soal pembangunan bersama awak media, Gubsu pun berharap agar untuk waktu selanjutnya, pertemuan dengan wartawan disiapkan sedemikian rupa. Hal itu agar proses dialog bisa berlangsung lebih dalam hingga sinergi pemerintah dan media menjadi semakin kuat.

Wartawan Divaksin Covid-19

Selesai dialog, Pemprovsu melalui Dinas Kesehatan Provsu memfasilitasi vaksinasi bagi wartawan. Sebanyak 52 orang wartawan disuntik vaksin, yang merupakan perdana untuk wartawan di Sumut.

Menurut Irman, wartawan termasuk kelompok prioritas yang mendapatkan vaksin, setelah para tenaga kesehatan. “Hari ini, Pemprov memfasilitasi vaksinasi Covid-19 untuk rekan-rekan wartawan, karena wartawan termasuk kelompok prioritas yang harus divaksin, setelah para tenaga kesehatan,” jelasnya. (Asarpua)