Diduga Terlibat Calo Penerimaan Casis Bintara Polri, Bripka LA Diamankan Propam Polda Sumut

266
Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi SH SIK. (Foto. Asarpua.com/handover)

ASARPUA.com – Medan – Penerimaan Casis (Calon Siswa) Bintara Polri tahun ini di Polda Sumut (Poldasu) menjadi perhatian publik. Pasalnya, seorang oknum polisi wanita (Polwan) di Medan, Sumatera Utara, Bripka LA, diamankan Propam Poldasu. Oknum Polwan tersebut, Bripka LA diamankan Propam Poldasu terkait dugaan terlibat percaloan penerimaan calon siswa bintara Polri tahun 2021.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Hadi Wahyudi SH SIK, Jumat (18/06/2021). Hadi Wahyudi mengatakan, Bripka LA sampai saat ini masih dalam pemeriksaan. “Benar. Yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan Propam Poldasu,” kata Hadi Wahyudi.

Tambah Hadi Wahyudi, ia belum bisa memerinci modus yang dilakukan Bripka LA dalam dugaan percaloan itu, termasuk berapa pula keuntungan finansial yang diperoleh Bripka LA dari dugaan menjadi calo calon siswa bintara tersebut.

Hadi Wahyudi menuturkan, kasus tersebut akan segera di rilis kepada media jika pemeriksaan semua sudah selesai dan pemeriksaan sudah lengkap. “Nanti Jika sudah selesai pemeriksaan, akan dirilis,” ucapnya.

Informasi yang diperoleh, dugaan praktik percaloan yang dilakukan Bripka LA ini terungkap setelah salah seorang Casis Bintara Polri melaporkan ke polisi pengawas penerimaan bintara. Sebab, salah seorang Casis mencurigai 28 orang casis yang diduga sebelumnya tidak mengikuti seleksi.

Adapun dugaan modus yang dilakukan dengan melibatkan joki untuk masing-masing casis bintara. Para joki tersebut berasal dari luar Sumut yakni Jakarta, Bandung dan kota-kota lainnya. Dari laporan itu, personil Propam Poldasu pun mengamankan oknum joki yang dimaksud.

Setelah diamankan, lalu Propam Poldasu pun melakukan pemeriksaan. Dari hasil interogasi, sang joki tersebut mengakui perbuatannya. Berawal dari keterangan joki tersebut, nama Bripka LA pun disebut dan diamankan Propam Poldasu dan menjalani pemeriksaan hingga saat ini. (Asarpua)

Baca Juga  Digelar di Medan, Pemko Dukung Sumbar Expo 2019

Penulis: Jhonson Siahaan