Danlantamal I Belawan Pimpin Doa Bersama dan Tabur Bunga di Laut

69
Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo memimpin Doa bersama dan tabur bunga Peringatan Hari Pahlawan di atas Kapal Angkatan Laut Tarihu I-1-62 di perairan Buoy 2 Laut Belawan, Kamis (10/11/2022). (Foto. Asarpua.com/diksu)

ASARPUA.com – Medan – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan menggelar upacara tabur bunga dan doa bersama di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Tarihu 1-1-62 dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Upacara yang digelar di Perairan Buoy 2 Laut Belawan tersebut untuk mengenang jasa pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya bagi bangsa ini, yang berperan dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Serta, saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Prosesi upacara dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dan Komandan Upacara Kasatkom Danlantamal l Letkol Laut (E) Dikko M Ali Hutabarat.

Upacara yang diikuti sejumlah prajurit TNI dan ASN berjalan penuh khidmat, walau hujan menguyur selama prosesi upacara. Upacara ditutup dengan pelarungan karangan bunga oleh Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo dan dilanjutkan penaburan bunga oleh Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, serta seluruh peserta upacara.

Usai mengikuti upacara, Danlantamal Johanes Djanarko mengatakan, upacara, doa dan tabur bunga dilaksanakan secara serentak dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022. “Kita hari ini bersama lima unsur ada Kapal TNI AL, Kapal Basarnas, Kapal Kepolisian, Kapal KPLP , Kapal Bea Cukai bersama melaksanakan kegiatan ini,” katanya

Kegiatan ini adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului. Generasi muda saat ini harus melanjutkan perjuangan dan mengisi kemerdekaan, serta menyejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Terkait tema “Pahlawanku, Teladanku” yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Johanes berharap, agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan. (Asarpua)

Baca Juga  20 Titik Longsor, Jalan Medan-Berastagi Sudah Lancar Kembali¬†