Dahulu Polisi Ditakuti …Sekarang Polisi Dirindukan…

228

Oleh: Serasi Sembiring, SH
Wartawan asarpua.com

Kehadiran polri memberikan pelayanan yang sangat baik di tengah-tengah masyakat, karena polri selain memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat juga memberikan berbagai kemudahan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi sekarang ini polisi lebih diarahkan untuk menghimbau dari pada menindak, jadi masyarakat disini kalau memang karena ketidaktahuannya dalam pelanggaran maka masyarakat tersebut diberi himbauan dan arahan agar tidak melakukan pelanggaran.

Demikian juga Kapolri, Jenderal Polisi Listyo S Prabowo terus mengingatkan kepada jajarannya agar terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat menuju Polri yang “Presisi” (Prediktif Responsibilitas Transparansi dan Berkeadilan)

Jadi disini dengan kehadirah polisi, masyarakat betul-betul diberikan pelayanan untuk memudahkan masyarakat itu dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Keterlibatan polri kepada masyarakat tidak saja dalam bidang ketertiban dan keamanan, akan tetapi juga dalam bidang kesehatan, pendidikan serta bidang ekonomi masyarakat juga turut ditingkatkan karena polri adalah pengayom masyarakat.

Dahulu Polisi Ditakuti
Kehadiran Polisi pada zaman dahulu kebanyakan masyarakat merasa takut, karena pada zaman dahulu dengan hadirnya polisi di masyarakat, maka timbul dalam fikiran masyarakat pasti ada kejadian atau tindak pidana pada masyarakat tersebut .

Sehingga dengan kehadiran polisi di tengah- tengah masyarakat pada zaman dahulu masyarakat merasa takut atau risih.

Karena pada zaman dahulu kehadiran polisi di tengah – tengah masyarakat untuk memberikan tindakan terhadap masyarakat yang melanggar hukum atau melakukan tindakan pidana.

Apalagi kalau kita ingat di kampung yang dulunya belum maju, kehadiran polisi di masyarakat sangat di wanti-wanti oleh masyarakat tersebut, kerana dengan hadirnya polisi itu langsung timbul dalam fikiran masyarakat tersebut dengan adanya tindak pidana di tengah-tengah masyarakat tersebut.

Baca Juga  Bupati Asahan Lantik Kades Perbangunan dan Sukadamai

Seperti dalam pelanggaran lalu lintas masyarakat tersebut takut akan diberi tindakan, baik berupa tilang atau bayar di tempat.

Demikian juga halnya dalam hal melakukan tindak pidana, masyarakat itu tidak jarang diberikan suatu tidakan sesuai dengan perbuatannya.

Sekarang Polisi Dirindukan
Lain halnya dangan zaman sekarang, kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat , disamping menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat juga memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat .

Karena dengan kehadiran polisi selalu penegak hukum sesuai dengan petundang-undangan di Tengah-tengah masyarakat sudah tentu memberikan perlindungan terhadap masyarakat , dengan demikian masyarakat tersebut merasa dilindungi dari hal-hal kejahatan yang sering terjadi pada masyarakat.

Demikian juga dalam hal melakukan pelanggaran atau melakukan suatu tindak pidana, dalam hal ini berhubungan dengan penindakan dan penegakan hukum, polisi harus melakukan berbagai upaya untuk tetap mengedepankan jiwa presisi.

Karena meskipun sudah ada Undang-undang yang mengatur tentang tindak pidana kejahatan, namun polri sebagai salah satu instansi penegak hukum mengedepankan restorative justice. salah satu upaya menuju Polri presisi.

Dalam hal ini sangat dibutuhkan peran dan pentingnya kolaborasi antara polri dengan semua pihak termasuk media, untuk mewujudkan Polri yang presisi dalam setiap kegiatan maupun penegakan hukum di tengah-tengah masyarakat.
Seperti sekarang ini dalam hal penegakan tertib lalu lintas bernama E-Tilang (tilang elektronik).

ETilang yaitu digitalisasi proses tilang, dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan seluruh proses E-Tilang akan lebih efisien dan efektif juga membantu pihak kepolisian dalam manajemen administrasi.

Tapi masih banyak masyarakat yang belum siap dalam pelaksanaan E tilang tersebut baik dalam penggunaan rambu-ramnu lalu lintas, bahkan sampai sekecil-kecilnya seperti penggunaan septi. Disini semua tanpa sadar masyarakat menerima tegoran pelanggaran.

Baca Juga  Pasca Lebaran, Bupati Labuhanbatu Minta ASN Tingkatkan Kinerja

Hal ini mungkin kurang sosialisasi atau kurang kesadaran masyarakat itu sendiri. Oleh sebab itu sosialisasi kepada masyarakat itu sangat perlu terus dilakukan agar dengan sosialisasi tersebut semakin menyadarkan masyarakat itu sendiri.

Demikian juga halnya dalam bidang kesehatan, dimana Polri terus berusaha dengan berbagai upaya untuk membuat masyarakat Indonesia sehat.

Hal ini dapat kita lihat selain memberikan berbagai kebutuhan masyarakat untuk kesehatan polri tampil sebagai garda terdepan untuk mengawal sampai ke penggunaan obat-obat vaksin .

Selain itu, polri juga tampil dalam menyukseskan vaksinasi untuk memutuskan mata rantai sampai menghilangkan peredaran virus corona ( covid 19 – red) yang telah dia tahun lebih melanda dunia.
Dengan keberhasilan tersebut hingga sekarang masyarakat terbebas dari penyakit yang mematikan tersebut.

Demikian juga dalam bidang meningkatkan ekonomi masyarakat, Polri selalu tampil di masyarakat untuk menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang ekonomi lemah agar kesenjangan dalam bidang perekonomian di tengah-tengah masyarakat jangan terlalu jauh.

Jadi dengan bantuan yang diberikan Polri dapan meringankan sebagian dari kebutuhan masyarakat . Dengan demikian masyarakat tersebut semakin giat untuk menjalankan usahanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tersebut.

Dalam menjalankan hal tersebut polri terus melakukan kegiatan patroli dan berbaur dengan masyarakat untuk menjaga kamtibmas dalam masyarakat, sehingga polri dengan cepat dan mudah untuk memantau kejadian pada masyarakat.

Dengan demikian kehadiran polri yang terus berbuat baik kepada masyarakat merupakan kerinduan bagi masyarakat itu sendiri, karena dengan kehadiran polri di tengah-tengah masyarakat merupakan terwujudnya masyarakat yang aman, nyaman, damai dan kondusif sehingga terwujudnya Polri Presisi.  “Selamat HUT Bhayangkara ke 76”

(Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba karya tulis jurnalis / wartawan dalam rangka memperingati HUT ke-76 Bhayangkara)

Baca Juga  Sidang Kasus Penganiayaan Perawat di RSU FL Tobing Sibolga, Memasuki Tuntutan Jaksa.